Langsung ke konten utama

UH INFTK Farrell Andy Baskoro


1.     Apa yang disebut JARINGAN KOMPUTER?

2.     Mengapa internet sangat dibutuhkan untuk masyarakat modern?

3.     Bagaimana cara internet bekerja?

4.     Apa bedanya jaringan lokal dengan kabel dan nirkabel?

5.     Apa yang dimaksud dengan TCP/IP?

6.     Coba jelaskan secara singkat tentang word wide web (www)!

7.     Apa itu surel, e-banking, e-learning, e-commerce, e-government? Tolong jelaskan dengan singkat!

8.     Apa itu access point, teatring, dan wifi?

9.     Kerjakan soal pilihan ganda dan uraian halaman 134 sampai 135 buku informatika kemdikbud!

10.  Bagaimana cara mengajarkan informatika tanpa jaringan komputer dan internet? Jelaskan pendapatmu!

 


Jawaban-

1.      Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi dan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Jaringan komputer memungkinkan komputer saling berbagi sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protocol komunikasi. komputer pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, fiber optic, atau media tanpa kabel (wireless). Jaringan komputer memiliki berbagai tipe sesuai dengan cangkupan luas areanya seperti: local area network (LAN), corporate area network (CAN), metropolitan area network (MAN), wide area network (WAN), dan internet.

 

2.      untuk sarana konektivitas dan komunikasi; akses informasi, pengetahuan, dan edukasi; alamat dan pemetaan; kemudahan bisnis; serta hiburan. Internet membawa berbagai macam sumber daya dan layanan informasi di dalamnya,seperti document hyper text yang saling terkait dan aplikasi word wide  web (www),             surat elektronik, telepon, dan berbagi file. Dengan hadirnya internet sangat membantu berbagai aktivitas masyarakat modern, mulai dari bisnis, Pendidikan, hiburan, hingga kebutuhan pemerintahan.

 

3.      Internet bekerja dengan cara menghubungkan komputer-komputer yang ada di dunia  sehingga saling terhubung satu sama lain. Mereka terhubung melalui jaringan milik internet service provider (ISP) atau penyedia jasa layanan internet. Ukuran kecepatan internet disebut juga dengan bandwidth. Setiap komputer memiliki mac address dan juga Internet Protocol (IP), baik itu berupa IP Public atau IP Private. Komputer memanfaatkan alamat IP yang menjadi penghubung antara server-server di seluruh dunia.

 

4.      jaringan kabel adalah jaringan yang menggunakan kabel sebagai media penghubung. Sedangkan, jaringan wireless (nirkabel) adalah jaringan yang menggunakan gelombang radio, satelit, Inframera, dan teknologi Bluetooth sebagai media penghubung.

 

5.      TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. TCP/IP merupakan protocol pertukaran paket data yang digunaka di internet. Istilah “protocol” ini mengacu pada sekumpulan aturan yang mengatur bagaimana sebuah piranti berkomunikasi dalam suatu jaringan internet.

 

6.      Seperti yang telah disebutkan bahwa kepanjangan WWW adalah World Wide Web. World Wide Web ini tidak lain adalah situs web atau halaman web yang terhubung ke komputer lokal melalui internet. World wide web atau yang sering disebut website adalah system informasi / aplikasi yang dapat diakses menggunakan internet. Web diakses menggunakan perangkat lunak yang disebut peramban web dengan menuliskan alamat web yang disebut uniform resource locators (URL). Web memiliki halaman- halaman yang berisi data dan informasi yang tersimpan di web server dalam bentuk hyper text markup language (HTML) file.

 

7.      - Surel atau elektronik mail (email) merupakan aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim surat/pesan melalui internet. Para pengguna surel memiliki sebuah kotak surat (mailbox) elektronik yang tersimpan dalam suatu mail server.

 

- e-Banking dapat di artikan sebagai aktivitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui internet

- e-Learning merupakan sebuah penerapan teknologi informasi di bidang Pendidikan dalam bentuk sekolah secara virtual (maya). Dalam teknologi  e-Learning,semua proses belajar-mengajar yang biasanya ditemui dalam sebiah ruang kelas atau tatap muka secara langsung, dilakukan secara live atau online namun virtual

- e-Commerce adalah aktivitas penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan computer. e-Commerce dapat menjadi aktivitas transaksi jual-beli barang dan jasa baik dalam bentuk barang fisik maupun non fisik.

- e-Government adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik. Penataan sisitem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah (eksekutif) yang dioptimalkan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi

 

8.      - Access point access point adalah perangkat yang memiliki peran penting dalam konektivitas suatu internet.

 

- tethering adalah berbagi koneksi internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan computer/perangkat seluler lain. Tethering akan membuat perangkat seluler kita berperan sebagai modem.

 

- wifi yaitu teknologi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio sebagai penghubung perangkat-perangkat untuk dapat saling bertukar informasi.

 

 

 

 

 

9.      PG:

1.A     

2.C

3.A

4.A

5.A

 

 Uraian:

1.      Tbzb Joepoftjb

2.      saya pelajar smp

3.      Farrell Andy Baskoro, Ezqqdkk Zmcx Azrjpqp, Caesar’s Cipher. Algoritma tersebut termasuk algoritma yang mudah untuk didekripsi, karena hanya menggeser huruf sebanya 1 kali.

 

10.   Mengajar computer dengan menggunakan metode offline dengan cara bertatap muka secara langsung antara guru dan murid dalam 1 tempat. Menjelaskan berbagai informasi baik secara teory maupun praktik langsung menggunakan computer.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alasan saya memilih Labschool

Perkenalkan nama saya Farrell Andy Baskoro dari SDN 1 Mamuju biasa dipanggil Farrell dari kelas 7A Angkatan 31 dengan nomor absen 17. Hobi Saya adalah bermain video game, editing video, dan memasak. Di kesempatan kali ini saya akan menceritakan kenapa saya memilih SMP Labschool Rawamangun Jakarta. Saya memilih SMP Labschool dikarenakan Labschool merupakan salah satu sekolah terbaik di DKI Jakarta. Adik sepupu saya yang bernama Malik juga bersekolah di Labschool. Ia selalu bercerita bahwa Labschool memiliki banyak aktivitas yang menarik untuk diikuti. Saya memulai persiapan untuk tes penerimaan siswa SMP Labschool. Pada saat tes penerimaan saya merasa sangat ragu karena ini merupakan pertamakalinya dalam hidup saya untuk mengikuti tes seleksi masuk sekolah secara online, apalagi pada saat mengerjakan soal saya cukup kesulitan karena semasa sekolah saya biasa mengerjakan soal lebih santai atau tidak dibatasi waktu begitu cepat (15 soal harus dijawab dalam waktu 15 menit). Untungnya pada

Farrell 7A

  REMEDIAL SOAL UJIAN INFORMATIKA KELAS 7   1. Inilah beberapa prinsip yang perlu dipahami oleh siswa dalam mempelajari Informatika, kecuali: 2 A.     Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar. B.     Informatika bukan hanya memakai komputer, tetapi juga memakai aplikasi. Informatika adalah salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi. C.     Informatika terdiri atas konsep dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan. D.     Pembelajaran Informatika tidak akan mendidik kalian menjadi pencipta di dunia digital, dan hanya sebagai pengguna teknologi   2. Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan de